Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umroh

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umroh

Hikmah Umroh & Haji


Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa, ibadah haji/umroh di lakukan di Tanah Suci Makkah. Ibadah haji ini diwajibkan bagi yang mampu dijalannya. Mampu disini dalam artian mampu dari segi materi, sehat jasmani dan rohani, dan telah mempersiapkan diri dengan berbekal ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji atau umroh.

Hikmah Umroh Menjadi Tamu Allah Yang Mulia


Ibadah Umroh ini menjadi sebuah perjalanan suci, sehingga pada setiap apa yang kita lakukan disana yakni di Tanah Suci semuanya dihitung sebagai pahala ibadah, bahkan ketika kita disana memberikan sedikit bantuan saja berupa makanan atau minuman kepada teman seperjalanan kita yang sedang membutuhkan atau kepada orang lain yang kita temui disana yang sedang membutuhkan pertolongan. Oleh karena itu, senantiasalah berdoa agar kita semua diberikan kemampuan oleh-Nya untuk dapat berkunjung ke Baitullah dan ketika kita berada di sana mohonlah syafaat dan mohonkan juga ampunan sebanyak-banyaknya bagi diri kita, keluarga, teman dan semua kaum muslimin seluruh dunia baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup. Oleh karena di Tanah Suci kita semua yang berada disana adalah tamu Allah yang akan senantiasa dimuliakan oleh-Nya sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits di bawah ini.

Keterkaitan dengan hikmah umroh dan haji ini, Rasulullah saw. dalam haditsnya mengatakan bahwa “Orang yang mengerjakan haji dan umroh adalah tamu Allah SWT dan para pengunjung-Nya. Jika mereka meminta kepada-Nya niscaya diberi-Nya. Jika mereka meminta ampunan niscaya diterima-Nya do'a mereka. Dan jika mereka meminta syafaat niscaya mereka diberi syafaat”. (Ibnu Majah)

Hikmah Luar Biasa Dari Ibadah Haji & Umroh


Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil setelah melaksanakan haji dan umroh, tentunya jika itu dilaksanakan dengan baik dan benar dan sesuai dengan ketentuan yang telah disyariatkan. Salah satu hikmah di dunia dari ibadah haji dan umroh adalah, seseorang akan hidup lebih religius, dia lebih peduli kepada sesama dan bersikap dermawan. Rejeki yang telah diberikan Allah SWT kepadanya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan kelebihan rejekinya digunakan untuk kepentingan yang lebih bersifat umum tidak untuk kepentingan dirinya sendiri. Dan di kehidupan akhirat kelak, Insyaa Allah dia akan mendapat pahala yang setimpal dengan amal perbuatan ketika ia didunia, dan masuk surganya Allah SWT.

Beberapa diantara hikmah umroh & haji sebagai berikut:

  1. Umroh dan haji adalah rihlah muqoddasah atau dalam bahasa Indonesia "perjalanan suci" yang sehingga dalam keseluruhan aktifitas yang dilakukan ketika umroh merupakan ibadah dan mendapatkan pahala yang besar dan juga ridho Allah SWT.
  2. Hikmah umroh & haji sebagai syi'ar untuk mensucikan dan membesarkan nama Allah SWT seperti yang terlantun dalam kalimat talbiyyah.
  3. Hikmah umroh & haji sebagai sarana supaya manusia lebih peka dan bermuhasabah terhadap apa yang sudah dilakukannya selama ini.
  4. Hikmah umroh & haji mencitrakan diri sebagai salah seorang dari hamba Allah SWT yang senantiasa patuh dan taat terhadap segala perintah-Nya dan senantiasa menjauhi apa-apa yang dilarang oleh-Nya.

Begitu istimewanya dan sangat luar biasanya hikmah yang terkandung, tentu bagi mereka yang menjalankan dan melaksanakan ibadah haji dan umroh di Tanah Suci Makah. Dari mulai keistimewaaan yang menjadi status tamu Allah, hikmah menjadi pribadi seseorang yang lebih baik dan taqorrub dengan Allah, dan keistimewaan-keistimewaan lain yang luar biasa besar, dan saling melengkapi ibadah-ibadah lainnya yang terdapat dalam rukun Islam yang 5. Itulah beberapa dari hikmah melaksanakan ibadah haji dan umroh. Semoga kita semua dimampukan oleh-Nya untuk dapat berkunjung ke Baitullah, aamiin Yaa Rabbal 'alamiin.

Tag : Haji, Hikmah, Umroh
0 Komentar untuk "Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umroh"

Back To Top